sedherek-sedherek sedoyo, sugeng sinau basa jawa..

Gue selalu pengen bisa lancar berbahasa jawa. Sampe sekarang, keluarga besar nyokap  masih make bahasa Jawa, tp entah mengapa, gue ga bakat berbahasa jawa kayaknya. Jadi ga bisa-bisa juga. Lagian, sifat bahasa jawa yang berjenjang itu bikin rempong. Bahasa jawa itu dibagi beberapa jenis, yaitu:

  1. Ngoko lugu
  2. Ngoko andap
  3. Madya
  4. Madyantara
  5. Kromo
  6. Kromo Inggil
  7. Bagongan
  8. Kedaton

Repot, bukan?? Ga tau deh bedanya per jenjang. Palingan yang kerasa cuma beda ngoko sama kromo doangan. Dari kasar ke halus.

Nah.. buat orang-orang yang ingin tau beberapa contoh kata atau kalimat dalam bahasa jawa, gue akan sedikit membantu kalian. Dikit aja tapinya ya.. Soalnya gue emang pelit ga jago juga.

UCAPAN SELAMAT DALAM BAHASA JAWA:

  • sugeng enjang = selamat pagi
  • sugeng siang = selamat siang
  • sugeng sonten = selamat sore
  • sugeng ndalu = selamat malam
  • sugeng rawuh = selamat datang
  • sugeng tindhak = selamat jalan
  • sugeng makaryo = selamat bekerja
  • sugeng warsa enggal = selamat tahun baru
  • sugeng tanggap warsa= selamat ulang tahun

ANGKA DALAM KROMO:

  • 1 = setunggal
  • 2 = kalih
  • 3 = tigo
  • 4 = sekawan
  • 5 = gangsal
  • 6 = nem
  • 7 = pitu
  • 8 =  wolu
  • 9 = songo
  • 10 = sedhoso
  • 11 = setunggal welas
  • 12 = kalih welas
  • 13 = tigo welas
  • 14= sekawan welas
  • 15 = gangsal welas
  • 20 = kalih dhoso
  • 21 = selikur
  • 22 = kalih likur
  • 25 = selangkung
  • 30 = tigang dhoso
  • 50 = seket
  • 100 = satus
  • 1.000 = setunggal ewu
  • 10.000 = sedhoso ewu
  • 1.000.000 = setunggal yuta
  • 1/2 = sepalih
  • 1/4 = seprasekawan

untuk kali ini, ucapan salam sama ngitung dulu yaa.. yang lainnya, akan muncul di tulisan lain.. hehe..🙂

20 thoughts on “sedherek-sedherek sedoyo, sugeng sinau basa jawa..

  1. Kalau nyebut ” hati aku sangat senang” trz apa arti dlm bhasa jawanya? Slm knl ea bro. Cz byk tmanku jawa. Tp mrka gx mw ngajarin aq. Sdgkn mrka udh tw bhasa daerah aq. Tp aq gx tw bhsa jawa. Mhn bntuanny shob!

  2. sugeng Ambal Warso Kaping 32 tahun, mugi2 tansah dipun paringi kesarasan, rejeki, kang barokah saking gusti akariyo jagat ……ni contoh sedikit kawan

  3. ini baru bahasa ku.. walaupun aku orang Ngapak CILACAP yang perbatasan dengan jawa barat tapi pelajar ku bahasa Jawa, semua bahasa jawa sudah di ajarkan sama guru ku.. makanya kalo orang jawa tengah & jawa timur aku tau artinya.. sedangkan cilacap bagian barat bahasa sunda.. terus aku sudah bisa bahasa minang.. tinggal belajar bahasa sasak lombok.. ini bahasa yg susah

  4. jadi aku bisa bahasa jawa, sunda, minang, Ngapak.. Bahasa Ngapak itu beda sama bahasa jawa lainnya,, ada yang sama tapi yang beda banyak.. makanya orang yang pake bahasa ngoko & krama dll tidak tau bahasa ku.. sedangkan aku lagi di malaysia otomatis ngomong pake bahasa melayu😀

  5. Menulis kata dalam bahasa juga perlu diperhatikan misal:
    Bojoku loro(2) lain dengan bojoku lara (sakit)
    Sedoyo…..mestinya ditulis sedaya
    Kulo……kula
    Monggo……mangga dsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s