Kondisi Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya memang akhir-akhir ini lagi jadi sorotan. Sayangnya, bukan karena lokasinya yang menarik dikunjungi, melainkan karena kondisi hewan-hewannya amat sangat memprihatinkan. Bukan lebay, tapi emang AMAT SANGAT MEMPRIHATINKAN BANGET!

Berikut ini adalah kondisi Kebun Binatang Surabaya, di tanggal 15 Juli 2013, hasil live tweet @nilatanzil (foto+caption gw ambil langsung dari tweetnya–ada yang diedit, sih…).

Ngeliat foto-fotonya bikin gue pengen noyorin petugas kebun binatang di sana.

Ada seekor kera Sulawesi Dare yang sakit tumor gede banget di pantatnya & tidak dirawat. Kera Sulawesi ini udh sakit tumor bertahun-tahun, bukannya dirawat, tapi tetap dipamerkan.

Ada seekor kera Sulawesi Dare yang sakit tumor gede banget di pantatnya & tidak dirawat. Kera Sulawesi ini udh sakit tumor bertahun-tahun, bukannya dirawat, tapi tetap dipamerkan.

Unta kurus kering.

Unta kurus kering.

Babi hutan ini jg kuruuus bgt, pdhl ia hrs menyusui anak2nya.

Penyu hijau ini badannya penuh lumut. Kolamnya bukan air laut tapi air klorin + garam! Ada tiga penyu hijau dewasa di kolam sempit ini dan parahnya, mereka dikasih makan kangkung.

 

Petugas lg ngasih makan beruang dgn.. roti!!! :((

Petugas lagi ngasih makan beruang dengan.. roti!!!😦

Kandang monyet ini juga kepenuhan. Terlalu banyak monyet yg ditaruh di sini :(

Kandang monyet ini juga kepenuhan. Terlalu banyak monyet yg ditaruh di sini😦

 

Beruang madu ini perutnya banyak luka seperti kena penyakit kulit. Pupil matanya juga mengecil.

Beruang madu ini perutnya banyak luka seperti kena penyakit kulit. Pupil matanya juga mengecil.

Batfish renangnya udah miring-miring. Matanya memutih.

Batfish renangnya udah miring-miring. Matanya memutih.

 

Ini bagian ikan. Kumuh. Gelap. Bau amis. Semua terumbu karang di akuarium udah mati :(

Ini bagian ikan. Kumuh. Gelap. Bau amis. Semua terumbu karang di akuarium udah mati😦

 

Ini dia kandang jerapah yang dicampur dengan unta & kijang!

Ini dia kandang jerapah yang dicampur dengan unta & kijang!

Begitulah nasib hewan-hewan yang masih hidup. Menurut tweet Nila Tanzil juga, kebanyakan satwa di KBS mati karena pneumonia, sakit paru-paru, tubercolosis, atau gangguan pencernaan karena supply makanan yang ga baik. Kejaaaaaam!!!

Semoga semua pelaku kekejaman terhadap hewan mendapat karma.

One thought on “Kondisi Kebun Binatang Surabaya

  1. kenapa hewan2nya gak dipindah ke kebun binatang lain aja sih?

    KBS kalau gak mampu merawat lagi, mending hewannya dipindah ke kebun binatang lain (kota lain) yang lebih mampu memelihara😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s